Sepatu menjadi salah satu item fashion yang mampu menunjang penampilan seseorang. Karena tidak bisa dipungkiri selain sebagai alas dan pelindung kaki, sepatu juga mampu menambah daya tarik pada penampilan. Setelan pakaian yang modis sekalipun menjadi kurang sempurna tanpa adanya sepatu yang tepat. Beruntungnya saat ini mencari sepatu pria maupun wanita terbilang cukup mudah dilakukan. Disamping modelnya yang beraneka ragam, bahan dan juga kegunaanya bisa disesesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Tak cukup sampai disitu saja, sepatu juga bisa digunakan sesuai dengan jenis kegiatan yang dilakukan. Baik itu kegiatan formal ataupun kasual.

Saat ini para pria terbilang cukup perduli dengan masalah penampilan. Maka tak heran jika untuk urusan sepatu para pria juga tidak mau ketinggalan. Model sepatu untuk para pria terbilang cukup beragam, dari yang model kasual hingga yang model formal. Beberapa model sepatu yang cukup sering digunakan oleh para pria untuk menunjang penampilannya, seperti:

Loafer shoes

Jenis sepatu yang satu ini ternyata tidak hanya dipakai oleh para wanita saja. Kini para pria juga menjadikan loafer shoes sebagai salah satu item sepatu kasual yang harus dimiliki. Selain karena bisa digunakan untuk menunjang penampilan di berbagai acara, jenis sepatu ini juga cukup nyaman dipakai. Loafer shoes cukup banyak digunakan oleh para pria yang ingin bergaya Indie. Anda bisa menggunakan loafer shoes untuk sekedar jalan-jalan, pergi ke kampus, atau bahkan untuk kegiatan formal pergi ke kantor.

Slip on shoes

Untuk Anda yang menyukai tampilan yang kasual, slip on shoes bisa menjadi salah satu pilihan sepatu. Sepatu jenis ini bisa disesuaikan dengan gaya dan karakter Anda masing-masing karena desainnya cukup beragam. Mulai dari yang berdesain simple hingga yang high fashion.

Derby shoes

Untuk urusan menunjang penampilan yang formal, derby shoes bisa menjadi pilihan yang tepat. Jenis sepatu yang satu ini cukup ramping dengan ujung jari kaki yang berbentuk bulat dan terbuat dari bahan suede. Derby shoes merupakan model sepatu bertali. Anda bisa menggunakan jenis sepatu ini untuk pergi ke acara resmi, seperti ke pesta penting atau ke kantor.

Monk strap shoes

Model sepatu pria yang satu ini bisa menyulap penampilan pria menjadi semakin keren. Berpakaian kemeja gelap dan dipadu dengan monk strap shoes akan membuat penampilan terlihat menonjol. Sangat cocok untuk Anda yang mengingikan tampilan gaya Indie British.

Chuka shoes

Desainnya yang sederhana dan memiliki high ankle, model chuka shoes umumnya terdapat 2-3 lubang untuk tai sepatunya. Sangat cocok digunakan untuk hangout bersama teman atau untuk acara kasual lainnya.

Oxford shoes

Oxford shoes akan membuat tampilan pria semakin keren dan terlihat modern. Tidak hanya cocok untuk kegiatan kasual saja, oxford shoes juga cocok untuk menunjang penampilan yang lebih formal.

Wingtip boot

Wingtip boat shoes bisa digunakan untuk menunjang penampilan formal dengan modelnya yang memiliki high angkle dan sol sepatunya yang lebih lebar.

Brougu shoes

Brougu shoes hampir serupa dengan wingtip boat, hanya saja untuk model sepatu yang satu ini lebih pendek.

Sneakers

Jenis sepatu yang satu ini sepertinya menjadi salah satu item fashion yang wajib dimiliki oleh pria. Karena untuk tampilan yang kasual namun tetap memberi kesan keren, sneakers menjadi salah satu sepatu andalan yang tidak akan mati gaya. Dipadukan dengan pakaian santai, sneakers sangat cocok untuk menunjang penampilan kasual para pria.

Boat shoes

Boat shoes cukup menjadi favorit para anak muda yang menginginkan tampilan kasual namun tetap berkelas. Para pria sering menggunakan sepatu ini untuk dipadukan dengan chino pants yang digulung ataupun celana jeans yang digulung hingga mata kaki.

Mengingat sepatu pria menjadi salah satu item fashion yang bisa digunakan untuk menunjang penampilan sehari-hari, maka sudah semestinya perlu dirawat dengan baik. Anda harus mengetahui berbagai perawatan yang tepat agar nantinya benda yang satu ini lebih awet dan tetap terjaga kondisinya.

Adapun berbagai perawatan sepatu yang bisa Anda lakukan :

  1. Membersihkan sepatu dari kotoran yang menempel

    Perawatan yang wajib dilakukan agar sepatu awet adalah selalu rutin membersihkannya dari kotoran yang menempel. Kotoran yang dibiarkan begitu saja akan membuat sepatu terlihat lebih kumal dan mudah rusak. Untuk kotoran yang ringan bisa Anda lap saja dengan kain. Namun jika terbilang cukup berat kotorannya, bisa Anda bersihkan dengan cara dicuci.

  2. Menyemir sepatu secara rutin

    Untuk sepatu yang berasal dari kulit, agar awet prlu Anda semir secara berkala. Pastikan sepatu dalam kondisi bersih dan kering sebelum dilakukan penyemiran.

  3. Mengeringkan sepatu sesegera mungkin jika dalam kondisi basah

    Saat beraktivitas di musim penghujan, sepatu terkadang tidak luput dari siraman air hujan. jika mendapatai sepatu dalam kondisi basah, segera keringkan dengan lap kering atau tisu. Untuk bagian di dalam sepatu yang basah, Anda bisa mengeringkannya dengan memasukkan kertas koran untuk menyerap air di dalamnya. Hindaari mengeringkan sepatu dengan pemanas buatan, seperti hair dryer, dlsb.

  4. Mengeringkan kaki terlebih dahulu sebelum memakai sepatu

    Menggunakan sepatu dengan kondisi kaki yang basah akan membuat bagian dalam sepatu lembab. Sepatu yang lembab akan memicu timbulnya kuman dan bakteri yang tidak baik untuk kesehatan kaki dan tentunya bisa merusak sepatu. Untuk itu keringkan kaki terlebih dahulu sebelum memakai sepatu. Jika kaki cenderung mudah berkeringat, Anda bisa menggunakan kaus kaki sebelumnya.

  5. Memiliki beberapa pasang sepatu

    Terlalu sering digunakan juga akan membuat sepatu mudah rusak. Sebaiknya miliki beberapa sepatu agar bisa selang-seling dalam pemakaiannya. Sehingga sepatu juga memiliki waktu untuk beristirahat sejenak.

  6. Bersihkan kotoran berupa lumpur saat dalam kondisi kering

    Sepatu jenis kasual, seperti sneakers sering sekali digunakan oleh para pria untuk kegiatan outdoor. Noda lumpur terbilang cukup susah untuk dibersihkan. Agar kotoran tidak menyebar kemana-mana, bersihkan noda lumpur saat kondisi kering. Saat dalam keadaan kering, Anda bisa membentur-benturkan sepatu agar lumpur yang menempel rontok, baru memudian membersihkannya seperti biasanya.

  7. Hindari mencuci sepatu dengan mesin cuci

    Mencuci sepatu dengan mesin cuci akan membuat sepatu mudah berkerut dan rusak. Selain itu pada bagian lem sepatu juga akan mudah mengelupas. Sebaiknya bersihkan sepatu dengan cara manual, yaitu menyikatnya dengan sabut dan detergen.

  8. Simpan dengan rapi di tempat yang tidak lembab

    Perawatan sepatu pria yang tidak kalah pentingnya adalah pada penyimpanan. Agar sepatu awet, simpan di tempat yang khusus, seperti lemari sepatu atau rak sepatu. Pastikan tempat penyimpanan dalam kondisi tidak lembab agar tidak menjadi sarang bakteri dan jamur pada sepatu.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *