Batik sebagai kian khas Indonesia memang memiliki makna yang sangat penting, sehingga patut untuk dilestarikan. Jika dulu banyak masyarakat yang masih senantiasa menggunakan pakaian dengan kain yang satu ini, maka semakin berkembangnya zaman, perlahan banyak yang mulai meninggalkannya, sebenarnya hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena memang pengaruh globalisasi, banyak diantara budaya-budaya luar negeri yang masuk ke Indonesia, salah satu diantaranya adalah cara berbusana, turut mempengaruhi gaya pakaian masyarakat dalam negeri. Berbagai cara dilakukan untuk melestarikan kain tersebut, salah satu diantaranya adalah dengan membuat inovasi model baru, diantaranya dalam bentuk dress batik, kemudian jug ada model pakaian rumahan yang mengkombinasikan kain ini.

Sehingga jika dibandingkan dengan model pakaian sekarang ini tentunya tidak akan kalah stylish. Di pasaran sendiri masyarakat bisa dengan mudah menjumpainya, entah itu lewat toko-toko busana secara langsung, maupun lewat penjualan secara online, tentunya dapat disesuaikan dengan selera. Namun memang pada dasarnya menggunakan busana yang terbuat atau memiliki motif batik ini sendiri tidak semudah yang dibayangkan.


Warangka Batik – July Asymmetric Tulle Dress | Sumber gambar : Bobobobo.com

Aplikasi yang kurang tepat tak jarang membuatnya tampak begitu aneh, tidak matching dengan item lainnya. untuk itu sebelumnya berikut ini ada beberapa tips yang wajib untuk diketahui bagaimana cara untuk memadu-padankan antara batik dengan item busana yang lainnya, sehingga tidak tampak aneh, yaitu:

  1. Untuk tampilan yang formal maka bisa menggunakan batik yang dipadukan dengan bawahan celana atau rok kain, biasanya banyak sekali diantara pekerja yang diwajibkan untuk mengenakan pakaian batik di hari-hari tertentu. Cara untuk tampil lebih formal diantaranya adalah dengan menggunakan bawahan yang berbahan dasar kain bukan jeans, entah itu rok untuk dengan menggunakan celana.
  2. Pilihlah warna yang atasan dan bawahan yang sebaiknya senada, hal lain yang patut untuk diperhatikan adalah dalam hal pemilihan warna, diantaranya adalah pada atasan dan bawahan, bisa menggunakan warna yang senada, namun tidak benar-benar sama, karena dengan pemilihan warna yang sama sebenarnya hanya akan membuat tampilan tampak mati. Jika ingin pilihan dua warna kontras juga bisa, namun hindari yang terlalu ngejreng, karena akan tampak aneh.
  3. Cobalah untuk menggunakan aksesoris dengan kesan etnis, tambahkan juga aksesoris untuk membuat penampilan jadi kian gaya, seperti kalung atau mungkin gelang yang memiliki kesan etnis, namun harus diperhatikan sebaiknya tidak menggunakan kalung jika seandainya bagian atasan juga terbuat dari batik, karena sia-sia tidak akan memberikan kesan estetis, justru akan tampak begitu ramai ketika dilihat.
  4. Dress batik untuk kondangan bisa ditambahkan dengan high heels atau sepatu hak tinggi agar terlihat lebih gaya, selain itu dengan pemakaian sepatu hak tinggi nantinya hal ini akan membuat badan Anda tampak jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sebenarnya.

Tak kalah penting untuk diperhatikan sebenarnya adalah pemilihan motif dari batik tersebut. Patut untuk diketahui bahwa sebenarnya kain batik ini sendiri diproduksi oleh daerah yang berbeda-beda, semuanya memiliki motif yang beragam dan makna tersendiri di dalamnya.

Warangka Batik –
Gray Raye Asymmetric Top | Sumber gambar : Bobobobo.com

Mungkin ada beberapa motif batik yang tidak memiliki makna, khususnya adalah yang modern seperti sekarang ini. Namun lebih banyak diantaranya yang memiliki makna khusus di balik motif yang cantik tersebut, bisa berarti kesedihan, semangat atau juga kejujuran.

Untuk itu tidak boleh asal dalam memilihnya, apalagi jika ingin menghadiri acara-acara tertentu layaknya pernikahan atau mungkin pesta, maka wajib sebelumnya mengetahui beberapa makna dari motif kain batik berikut ini, khususnya yang paling cocok digunakan untuk acara-acara penting, yaitu:

  1. Motif batik keraton, seperti namanya batik yang satu ini memang dulunya dibuat khusus untuk keluarga keraton saja, dimana orang biasa tidak bisa menggunakannya, namun semakin kesini bukan masalah bagi siapapun untuk memakainya. Motif batik keraton ini memiliki tampilan yang begitu memukau, begitu juga makna yang ada di dalamnya, menampilkan sebuah penghargaan, martabat sehingga sangat cocok digunakan pada acara-acara penting.
  2. Motif batik Sidoluhur, motif ini menggambarkan tujuan atau pencapaian hidup yang luhur, baik itu luhur secara materi maupun non materi. Makna yang sangat bagus seperti sebuah doa, sangat cocok digunakan ketika sedang menghadiri pesta seperti diantaranya adalah pernikahan.
  3. Motif batik Jepara, ini memang motif batik dari daerah Jepara yang mengkombinasikan yaitu warna dasar hitam, ditambah dengan gambar daun ulir yang hijau dan juga gajah coklat. Banyak juga yang menyebutnya sebagai batik kartini, motif yang satu ini paling banyak diminati oleh kaum hawa, karena tampak cantik dan sangat elegan.
  4. Motif batik liris, motif ini memiliki gambar garis yang miring, ditambah dengan adanya bunga, daun dan juga titik di dalamnya, warna dasarnya sendiri adalah coklat yang memberikan kesan indah dan sederhana. Banyak diaplikasikan sebagai bawahan khususnya adalah untuk pakaian tradisional yaitu kebaya.
  5. Motif tumpal, pastinya banyak yang sudah mengenal batik dengan motif yang satu ini bukan, mengingat jika dilihat banyak sekali yang menggunakannya, mulai dari anak muda sampai dengan orang tua karena benar-benar indah. Motif yang satu ini menggambarkan bunga yang memiliki nilai seni tinggi. Umumnya lebih banyak digunakan oleh wanita dibandingkan dengan pria.
  6. Motif sekar jagad, menggambarkan keragaman di seluruh dunia, sesuai dengan motifnya yang cukup rumit, warna yang digunakan dalam pembuatannya sendiri juga terbilang begitu indah, perpaduan antara ungu dan merah muda, namun jangan khawatir karena selain wanita, nyatanya banyak juga diantara pria yang menggunakannya.
  7. Motif parang kusuma, biasanya sering kali digunakan oleh pengantin, juga mereka yang datang ke acara pernikahan, batik dengan motif ini memiliki makna yang begitu dalam, yaitu menggambarkan kebahagiaan lahir dan batin.
  8. Motif batik peri kesit, seperti namanya yang berarti kegesitan, maka untuk mencapai apa yang diharapkan harus diimbangi dengan kerja keras. Motif batik ini sangatlah cocok untuk menghadiri acara penting seperti sebuah pesta. Tampilannya sendiri sangatlah artistik dimana pada bagian dalamnya terdapat gambar dari tokoh-tokoh wayang.
  9. Motif batik sido mukti, sangat cocok digunakan pada saat menghadiri pesta pernikahan, batik sido mukti berasal dari daerah Magetan Jawa Timur yang melambangkan kemakmuran. Batik ini juga dikenal indah dengan keberadaan gambar kupu-kupu yang ada di dalamnya.
  10. Motif mega mendung, yaitu awan yang memiliki makna kehidupan manusia yang nantinya akan selalu berubah-ubah seiring dengan berjalannya waktu.

Temukan berbagai pilihan dress batik model terbaru yang cocok untuk acara formal seperti pesta sesuai selera Anda. Salah satu cara untuk ikut serta melestarikan budaya Indonesia adalah ikut serta menggunakan produk-produknya, seperti diantaranya adalah batik ini, apalagi sekarang pamornya naik tak kalah dengan busana modern yang lainnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *